Memisahkan Lagu dari file video dengan adobe audition 1.5


Sekarang banyak sekali beredar alat pemutar lagu atau audio player berupa iPod, CD Plater, DVD Player, Radio Tape dan lain-lain yang sudah tentu pasa penggemar lagu ini tidak mau kemanapun dan di manapun lagu kesayangan selalu berada di kantong celana, baju atau tasnya selalu. Semua karena perkembangan teknologi yang menciptakan audio player yang memungkinkan kita untuk selalu membawa lagu-lagu kesayangan kita kemana saja kita pergi, baik sedang dalam perjalanan maupun berada di tempat yang jauh dari rumah sekalipun.
Selain menggunakan audio player yang mobile atau yang mudah dibawa kemana-mana, tentu juga harus di dukung dengan file lagu itu sendiri yang harus dengan format yang sekecil mungkin agar jumlah file yang dibawah juga cukup untuk didengarkan dalam waktu yang cukup lama misalnya saja kita ingin berkemah di pegunungan yang hanya membawa sebuah iPod.
Nah bagaimana dengan lagu-lagu kesayangan anda yang masih tersimpan dalam format file video ?

Apakah anda harus membawa serta ke perkemahan dengan VCD player ? tidak mungkin tentunya, maka dari itu kita perlu mengubah file video tersebut menjadi file audio saja dengan format tertentu misalnya wav, mp3 dan lain-lain.

Untuk mengubah atau memisahkan file audio dari sebuah vcd ikuti langkah berikut :
Jalankan adobe audition 1.5
Dari lembar kerja adobe audition 1.5, klik menu insert, audio from video, selanjutnya cari file video yang hendak dipisahkan antara gambar dengan suaranya kemudian klik open.
Kemudian tunggu proses ekstraksi (extractring audio) untuk memisahkan suara dari gambar atau video dalam file yang dibuka tadi hingga selesai (100%).

Setelah proses extraksi selesai coba dulu mainkan lagu yang barusan selesai di ekstraksi tadi apakah proses ekstraksi sudah berjalan dengan baik sampai akhir dari lagu, jika sudah benar-benar selesai, maka langkah selanjutnya menyimpan file tersebut menjadi sebuah file mp3 atau dengan format lainnya terserah anda sendiri.
Namun pada contoh ini kita gunakan format mp3 saja.

Klik pada menu file dan pilih save session untuk menyimpan atau save semua filenya.
File hasil penyimpanan tadi sudah dapat di mainkan dengan mp3 player misalnya winamp.
Selain dengan cara menyimpan file tadi bisa juga di lakukan dengan meng-export file audio tersebut menjadi mp3 yaitu dengan cara klik pada menu file kemudian pilihlah export-audio dan tentukan format yang digunakan untuk mengeksport file tersebut, dalam hal ini kita gunakan format mp3.
File hasil export sudah siap untuk dimainkan dan siapuntuk disimpan di media player anda yang lainnya.
Selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: